Pertemuan kelas ibu hamil di desa Paras (20/04/24). Sasaran kegiatan kelas bumil adalah semua ibu hamil di wilayah desa Paras. Kegiatan ini dilakukan oleh Bidan desa dan Tim dari Puskesmas Pangkur.

Kegiatan kelas ibu hamil terdiri dari penyampaian materi dan senam ibu hamil. Materi yang disampaikan diantaranya yaitu:

  1. Pemeriksaan kehamilan agar Ibu dan Janin sehat. Bagaimana Tanda awal kehamilan,Keluhan yang sering dialami ibu hamil, perubahan fisik ibu hamil, perubahan emosi ibu hamil, pemeriksaan minimal dilakukan 4 kali selama kehamilan yaitu usia kehamilan 0-3 bulan, 4-6 bulan, 7-8 bulan dan 8-9 bulan.
  2. Pelayanan kesehatan pada ibu hamil diantaranya: Ukur tinggi badan, timbang berat badan, ukur lingkar lengan atas, tekanan darah, tinggi fundus uteri, pemeriksaan laboratorium, pemberian tablet tambah darah, konseling persalinan.
  3. Persalinan Aman, Nifas Nyaman, Ibu selamat, bayi sehat. perlunya Persiapan Menghadapi persalinan. hal yang perlu dipersiapkan yaitu: Tanyakan tanggal perkiraan persalinan kepada bidan atau dokter, Putuskan tempat dan penolong persalinan, siapkan dana cadangan untuk keperluan persalinan, siapkan transportasi menuju fasilitas kesehatan, siapkan calon pendonor darah, siapkan perlengkapan ibu dan bayi
  4. Pencegahan penyakit komplikasi kehamilan, persalinan dan nifas agar ibu dan bayi sehat
  5. Latihan senam ibu hamil