Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya bisa terwujud. untuk pelaksanaan pebangunan kesehatan antara lain dapat dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat. Salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat adalah Program Upaya Kesehatan Gigi Masyarakat (UKGM)

Pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan Gigi dan Mulut, merupakan salah satu cara untuk mendukung pelaksanaan pembangunan kesehatan. Kegiatan yang dilakukan lebih diarahkan pada pelayanan promotif, preventif dan rujukan kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan pada upaya kesehatan berbasis masyarakat diantaranya posyandu dengan sasaran kelompok resiko tinggi meliputi usia balita, anak usia pendidikan dasar, ibu hamil dan menyusui, dan kelompok usia lanjut.

Upaya Kesehatan Gigi Masyarakat (UKGM) adalah suatu pendekatan edukatif bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan peran serta masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan gigi. Kegiatan UKGM dilakukan di posyandu Kenanga 3 Desa Pleset (20/05/2024). Kegiatan UKGM di Posyandu antara lain:

  1. Pendataan Posyandu
  2. Persiapan Materi Penyuluhan
  3. Melakukan penyuluhan pada masyaraat pada saat posyandu mengenai kesehatan gigi dan mulut
  4. Melakukan pemeriksaan gigi pada balita