Kunjungan Pondok Pesantren Nurus Sobah dusun Sobah desa Gandri, Jumat (31/05/2024).

Menindaklanjuti permohonan dari pengurus pondok pesantren yang disampaikan oleh Pengurus Pondok melalui nomor Whatsapp Puskesmas, bahwa Pondok Pesantren menginginkan adanya Pelayanan Kesehatan dari Puskesmas. Untuk itu Tim dari Puskesmas Pangkur langsung meindaklanjuti permohonan tersebut dengan cara kunjungan ke Pondok Pesantren.

Pengurus Pondok Pesantren berharap sekiranya Puskesmas bisa diajak untuk bekerjasama dalam bidang medis untuk para santri. Sehingga bila ada keluhan fisik bisa segera mendapatkan pengobatan.

Berdasarkan diskusi bersama antara Tim Puskesmas dan Pengurus Pondok Pesantren, untuk menangani permasalahan tersebut Puskesmas segera dilakukan Rencana Tindak Lanjut yaitu akan dibentuk POSKESTREN di pondok. Pengurus Pondok sangat merespon baik dan mengucapkan terimakasih untuk kerjasama dan Respon Cepat dari Tim Puskesmas Pangkur.

POSKESTREN adalah singkatan dari Pos Kesehatan Pesantren. Poskestren  merupakan bagian dari salah satu wujud Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) di lingkungan pondok pesantren, dengan prinsip dari, oleh dan untuk warga pondok pesantren dengan mengutamakan pelayanan promotif (peningkatan) dan preventif (pencegahan) tanpa mengabaikan aspek kuratif  (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan), dengan binaan Puskesmas.