Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati setiap tanggal 29 Mei. Peringatan ini merupakan hari di mana negara Republik Indonesia ingin memberikan apresiasi berupa penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Peringatan HLUN di Puskesmas Pangkur dilaksanakan Jumat (31/05/2024) dengan mengundang seluruh lansia di wilayah Kecamatan Pangkur yang tergabung dalam Prolanis. Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) adalah program untuk meningkatkan kualitas hidup para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan, yang mengidap penyakit kronis dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Tema HLUN Puskesmas Pangkur tahun 2024 adalah “Lansia Sehat dan Berdaaya untuk Indonesia Emas”.

Adapun rangkaian acara yang dilakukan adalah:

  1. Pendaftaran
  2. Pengukuran Tinggi Badan, Berat Badan dan Lingkar Pinggang
  3. Pemeriksaan Tensi
  4. Pemeriksaan Laborat (darah dan urine)
  5. Konseling
  6. Senam Bersama
  7. Sambutan dari Kepala Puskesmas
  8. Hiburan
  9. Penutup

Respon dari Bapak/Ibu lansia sangat baik, karena mereka mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis, dan juga bisa refreshing bertemu dengan banyak teman baru saling bertukar pikiran dan saling menyemangati agar terus semangat menjaga kesehatan.