Penyelidikan Epidemiologi DBD adalah kegiatan pencarian penderita atau tersangka DBD lainnya dan pemeriksaan jentik di tempat tinggal penderita dan rumah/bangunan sekitarnya termasuk tempat-tempat umum dalam radius sekurang-kurangnya 100 (seratus) meter ( Kira – kira 20 rumah) yang berada di sekitar rumah penderita.

Kegiatan penyelidikan epidemiologi DBD yang dilakukan meliputi: wawancara kepada keluarga penderita, pelacakan kasus Demam lainnya dan melakukan observasi serta pemeriksaan jentik pada radius 100 meter dari lingkungan sekitar rumah penderita.

Kegiatan Penyelidikan Epidemiologi merupakan kegiatan yang dilakukan ketika mendapat laporan adanya suspek atau penderita DBD. Berdasarkan laporan kasus DBD yang diterima dari UGD Puskesmas Pangkur, kemudian dilakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) DBD di RT 02/RW 01 Desa Pleset. Penyelidikan Epidemiologi (PE) dilakukan bersama dengan Ibu Kader Dusun Pleset 1. Kemudian dilakukan penyuluhan secara langsung kepada masyarakat tentang pentingnya melakukan PSN di rumah masing-masing secara kontinyu. Selain itu juga dilakukan abatisasi pada kontainer yang positif jentik.

Setelah dilakukan Penyelidikan Epidemiologi kemudian dilakukan koordinasi pelaporan hasil Penyelidikan Epidemiologi dengan Kepala Desa Pleset untuk dilakukan rencana tindak lanjut. Yang paling utama yaitu segera dilakukan PSN Serentak (Pemberantasan Sarang Nyamuk) oleh seluruh masyarakat untuk pencegahan perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti.