UKS adalah usaha yang dilakukan oleh sekolah untuk menolong murid dan warga  sekolah yang sakit dilingkungan sekolah. Anak  sekolah merupakan  generasi  penerus sebagai sumber daya manusia pada masa yang akan datang. Perkiraan jumlah anak usia sekolah saat ini sepertiga total penduduk, dan dua pertiganya adalah anak sekolah;  merupakan jumlah yang sangat besar dan potensial.

Masalah kesehatan anak usia sekolah  mencakup 2 (dua) hal besar yaitu: Masalah kesehatan pada  kelompok  pra remaja (6 – < 10 tahun)  yang berkaitan dengan perilaku hidup bersih sehat, dan  kelompok  remaja (10 – 19 tahun)  yang  sangat terkait dengan perilaku  berisiko, sebagai  salah satu dampak proses  perkembangan fisik yang cukup pesat dan mental emosional yang belum stabil. Masalah kesehatan yang berkaitan dengan perilaku hidup bersih dan sehat antara lain  kebiasaan gosok gigi, kebiasaan cuci tangan pakai sabun, potong kuku dan kebersihan diri.

Pertumbuhan dan  perkembangan  anak sekolah akan terganggu karena menderita sakit. Keadaan ini akan mempengaruhi proses belajar yang lebih lanjut akan mempengaruhi prestasi  belajar  yang  pada akhirnya akan  berdampak terhadap  kualitas sumber daya manusia.  Salah satu upaya  kesehatan  yang  berkaitan  langsung  dengan  anak sekolah  adalah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Program UKS meliputi:pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan  dan  lingkungan sekolah sehat.

Dalam  kegiatan  pendidikan  kesehatan  tidak  saja  bersifat  pengajaran  tetapi pada  segi praktis yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.Penyertaan masyarakat sekolah, swasta dan  orang tua merupakan strategi  operasional  yang  tepat  mengingat  masalah terbesar anak  sekolah  tidak  dapat dilaksanakan oleh petugas kesehatan saja. Maka dari itu dibentuklah kader  Tiwisada di setiap Sekolah Dasar.

Pertemuan Kader Tiwisada Puskesmas Pangkur, Rabu (24/07/2024) dilaksanakan di Aula UPT Dindik Pangkur yang diikuti oleh siswa dari 13 SD/MI wilayah Kecamatan Pangkur bagian Barat dengan jumlah 105 Siswa.

Tujuan kegiatan ini adalah:

  1. Meningkatkan partisipasi siswa dalam program UKS
  2. Agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, rumah
  3. Agar siswa dapat menolong dirinya sendiri, siswa dan orang lain untuk hidup sehat