Deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan cara untuk mengetahui adanya faktor risiko PTM pada sasaran. Deteksi dini ini berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena penyakit tidak menular atau memiliki faktor risiko.

Deteksi dini ini berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko. Dengan diketahuinya faktor risiko PTM secara dini pada seseorang maka pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan sedini mungkin. Bagi yang sudah terkena maka penting sekali mengendalikan PTM yang disandangnya agar tidak terjadi komplikasi, kecacatan maupun kematian dini akibat PTM serta untuk meningkatkan kualitas hidup.

Kegiatan Deteksi dini dan monitoring faktor risiko ini ditindaklanjuti secara terpadu dan periodik termasuk pemberian KIE mengenai PTM dan bahayanya bagi kesehatan sehingga mampu mawas diri terhadap faktor risiko tersebut atau mengendalikannya apabila sudah terkena. Sehingga kasus PTM dapat dikendalikan.

Pelaksanaan deteksi dini PTM dilaksanakan di Polsek Pangkur pada hari jumat (26/07/2024) oleh tim Puskesmas Pangkur. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain:

  1. Melakukan pendaftaran
  2. Pengukuran BB, TB, LP
  3. Pemeriksaan kesehatan (tekanan darah, anamnesa,laborat) pengobatan sederhana
  4. Melakukan Konseling dan KIE
  5. Pemberian PMT
  6. Mencatat hasil kegiatan ,menganalisa ,melaporkan hasil kegiatan