Kabupaten atau kota sehat adalah suatu kondisi Kab/Kota yang bersih,aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.Untuk bermimipi mempunyai kota/desa yang ideal sementara tantang andanya masalah yg dihadapi semakin besar dan komple. . Masih banyak kegiatan yang overlap antar program antar sektoral.Banyak potensi masyarakat yang belum dikembangkan.Guna untuk efektifitas dan efisiensi maka perlu koordinasi dan jejaring yang baik.

Untuk meningkatkan pelaksanaan kegiatan dari berbagai tatanan yang ada di desa sehat dan lebih terkoordinirnya dalam sebuah keserkertariatan forum desa sehatĀ  maka perlunya penyelenggaraan Forum Desa Sehat di masing-masing desa se wilayah Kecamatan Pangkur. Pertemuan Forum Desa Sehat dilaksanakan pada 20 Agustus 2024 di desa Waruktengah.

Tujuan:

  1. Tercapaianya kondisi suatu desa untuk hidup denganĀ  bersih,nyaman,aman dan sehat.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap program desa sehat.Meningkatkan penyediaan sarana prasarana dan administrasi di sekertariatan forum desa sehat.
  3. Meningkatkan dan mengembangkan kegiatan-kegiatan dari masing-masing tatanan desa sehat yang ada di masing-masing desa.