Validasi data adalah suatu tindakan pembuktian dengan cara yang sesuai bahwa tiap proses, prosedur, kegiatan atau mekanisme yang digunakan senantiasa mencapai hasil yang diinginkan.

Pelayanan kesehatan di masyarakat di lakukan melalui kegiatan pengawasan, pengendalian,dan pelaporan adalah indikator keberhasilan suatu kegiatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan. Tanpa adanya pencatatan dan pelaporan kegiatan atau program apapun yang dilaksanakan tidak akan terlihat wujudnya. Out put dari pencatatan dan pelaporan ini adalah sebuah data dan informasi yang berharga serta bernilai bila menggunakan metode yang tepat dan benar.

Hasil setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan khususnya bidanbtelah dicatat dalam sebuah register. Selain itu juga dilaporkan setiap bulannya. Seiring berkembangnya tehnologi selain pencatatan dilakukan di register bidan juga melakukan pencatatan pada apilkasi Ekohort. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah data yang telah dilaporkan sesuai dengan yang dicatat di register atau tidak. Untuk itu agar data yang tercatat dan terlapor dapat sesuai dan menjadi informasi yang berguna dan dapat menunjukkan keberhasilan dalam suatu kegiatan maka kegiatan pertemuan validasi ini perlu dilakukan.

Tujuan

  1. Meningkatkan kepatuhan dalam pencatatan dan pelaporan.
  2. Mencocokkan apakah data yang terlapor sesuai register.
  3. Apakah pencatatan di kohort sudah sesuai dengan petunjuk pengisian