Antibiotik adalah obat untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan Bakteri. penggunaan harus bijak untuk menghindari Resistensi, tidak semua penyakit memerlukan Antibiotik dan penggunaan Antibiotik jg harus Tepat. Resistensi adalah kondisi suatu bakteri dalam tubuh menjadi resisten (kebal) terhadap antibiotik. Penyebab resistensi ini dapat dikarenakan mutasi bakteri secara alami, maupun akibat oleh pemakaian obat antibiotik yang tidak tepat. Setelah bakteri menjadi resisten terhadap suatu antibiotik, bakteri tersebut  akan mewariskan sifat resisten itu kepada keturunannya, yang akan menjadi generasi resisten sehingga antibiotik tersebut tidak mampu membunuh spesies bekteri itu lagi. 

Pengenalan dan Pemahaman kepada  masyarakat sangatlah penting. Apoteker  tugas dan fungsinya sesuai Permenkes No 74 tahun 2016 tidak hanya pengelolaan obat dan Bmhp saja tapi juga pelayanan farmasi klinis yang berorientasi pada pasien, maka dengan Gema Cermat bijak menggunakan Obat terutama Antibiotik sangatlah diperlukan dalam pengenalan dan pehamaman pengunaan obat antibiotik pada masyarakat.

TUJUAN KEGIATAN:

  1. Meningkatkan pemahaman dan pengenalan kepada masyarakat tentang obat Antibiotik
  2. Meningkatkan Penggunaan obat antibiotik secara tepat
  3. Meningkatkan Penggunaan obat antibiotik secara tepat
  4. Tidak membeli obat antibiotik secara bebas tanpa resep dokter
  5. Meningkatkan pengertian masyarakat tentang Resistensi bakteri
  6. Mengurangi penyalahgunaan penggunanan obat antibiotik

KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN :

  1. Melakukan pendaftaran,absensi
  2. Penyuluhan
  3. Mencatat hasil kegiatan ,menganalisa ,melaporkan hasil kegiatan

Pembentukan Tim terdiri dari Unsur Puskesmas dan kader, dengan Sasaran Kader, Masyarakat dan perangkat desa sejumlah 30 orang.