Keluarga Besar Puskesmas Pangkur mengucapkan Selamat Hari Posyandu Nasional (29 April 2024). Tema Hari Posyandu Nasional tahun 2024 yaitu “TRANSFORMASI POSYANDU SEBAGAI LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT”.

Posyandu menjadi salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat agar bisa memberikan pelayanan kesehatan dasar dan perbaikan gizi masyarakat. Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. Lokasi posyandu umumnya mudah dijangkau masyarakat, yaitu di setiap RW atau dusun. Di wilayah Kerja Puskesmas Pangkur terdapat 39 Posyandu balita Aktif.

Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.