Rapat Koordinasi Penguatan peran serta masyarakat dalam P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi) dilaksanakan di Desa Gandri, Jumat (28/06/2024). Kegiatan P4K termasuk pemantauan ibu hamil resiko tinggi dilakukan dengan melibatkan, TP PKK Desa Gandri, kader pendamping ibu hamil dan Perangkat Desa.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat, kader dan Perangkat Desa dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi di wilayah Puskesmas Pangkur. Kegiatan ini diisi dengan pemaparan ibu hamil dan kasus resiko tinggi ibu hamil diwilayah Desa Gandri oleh Bidan Desa serta kegiatan yang sudah dilakukan oleh desa dalam upaya pemantauan kesehatan ibu hamil. Selain itu juga refresing kembali penilaian/skoring ibu hamil resiko tinggi menggunakan skor Poedji Rochyati oleh Penanggung jawab Program Kesehatan Ibu.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ibu hamil di Desa Gandri dapat terdata, terlapor dan terdampingi oleh kader serta tidak terjadi kematian ibu dan bayi diwilayah Desa Gandri khususnya dan wilayah Puskesmas Pangkur pada umumnya.